Nvidia Bagi-Bagi Hadiah bagi Seniman Metaverse, VGA?
Nivida dukung pengembangan seniman di dunia metaverse. (foto: pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Perusaan video grafis terbesar di dunia Nvidia Corp pada Selasa, 4 Januari mengatakan bahwa mereka akan memberikan hadiah gratis kepada para seniman dan pencipta Metaverse.

Namun, bukan perangkat VGA melainkan Nvidia akan membagi perangkat lunak secara gratis. Nvidia bahkan telah membuat kesepakatan teknologi dengan beberapa pasar tempat seniman menjual konten tiga dimensi yang mereka buat.

Nvidia bagi software gratis bagi pencipta Metaverse

Metaverse - istilah yang didefinisikan secara longgar yang dapat merujuk ke dunia virtual yang dibuat lebih hidup dengan menggunakan headset realitas virtual dan augmented - sangat bergantung pada teknologi komputasi grafis seperti semikonduktor andalan Nvidia.

Nvidia berusaha mengubah posisi terdepannya dalam memasok perangkat keras komputasi untuk metaverse menjadi seperangkat alat perangkat lunak untuk membuat dan menjual konten dalam dunia virtual. Ini adalah sebuah peluang bisnis yang telah membantu Nvidia berbagi nilai, lebih dari dua kali lipat selama setahun terakhir.

Pada Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas pada Selasa lalu, Nvidia mengatakan bahwa mereka berencana untuk mendistribusikan versi gratis dari perangkat lunak "Omniverse" untuk menciptakan dunia virtual kepada seniman individu. Nvidia pada November lalu mengatakan akan membebankan harga mulai dari 9.000 dolar AS (Rp 129 juta) per tahun untuk pelanggan korporat.

Setelah seniman membuat konten tiga dimensi yang dapat digunakan di dunia maya, mereka dapat menjual konten tersebut di beberapa pasar dan perpustakaan konten.

Seperti dilaporkan oleh Reuters, Nvidia pada Selasa juga mengatakan telah mencapai kesepakatan dengan empat pasar tersebut - TurboSquid oleh Shutterstock, CGTrader, Sketchfab dan Twinbru - untuk memungkinkan konten pasar mereka muncul di perangkat lunak Omniverse Nvidia.

Nvidia juga mengatakan bahwa MarketCatalog dari Reallusion's ActorCore, Daz3D, dan perangkat lunak e-on PlantCatalog akan segera merilis aset mereka yang siap untuk Omniverse.

Nvidia tidak mengungkapkan pengaturan keuangan dari kesepakatannya dengan perpustakaan konten dan pasar. Perusahaan teknologi dengan audiens yang besar untuk platform perangkat lunak mereka sering, membebankan komisi atau biaya lain kepada pembuat konten yang ingin menjual kepada penggunanya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Tak Merasa Rugi, Nvidia Bagikan Perangkat Lunak Gratis untuk Seniman Metaverse

Selain Nvidia , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!