Cara Melihat Kinerja Video Short YouTube Agar Kreator Mudah Melihat Capaian
Youtube buat fitur baru yang bisa mengetahui konten dengan baik. (foto: dok. youtube)

Bagikan:

MEDAN - Perusahaan YouTube kembali mengembangkan fitur pesaing TikTok, Shorts untuk lebih unggul dengan menghadirkan tab analitik barunya. Berdasarkan data analitik tersebut, nantinya konten kreator dapat lebih memahami bagaimana kinerja berbagai jenis konten yang mereka unggah.

Apabila dulu kreator akan melihat tab Reach dan Engagement di Analytics YouTube Studio, sekarang perusahaan telah menggantinya dengan tab Content baru.

Kedua tab tersebut sebelumnya diketahui merinci penayangan, waktu tonton, sumber lalu lintas, dan data lain untuk konten di channel secara keseluruhan.

Jenis konten short YouTube akan dibedakan 

Kini tab Content baru akan memecah data berdasarkan jenis konten. Kreator akan melihat tab Video, Shorts, Live, dan Post yang akan memberikan data reach dan engagement yang sebelumnya tidak dikelompokkan menurut jenis konten.

Untuk konten kreator yang ingin melihat semua data secara bersamaan seperti yang ditampilkan sebelumnya sebelum pembaruan, tab All juga akan menanganinya.

Tentu saja menghadirkan kemampuan untuk memisahkan jenis konten dalam analitik adalah perubahan besar bagi konten kreator, dan tidak masuk akal untuk membandingkan data waktu tonton dari klip 60 detik tersebut dengan konten berdurasi panjang yang memberi pengguna lebih banyak menit runtime.

"Harapan kami adalah dengan membuat tab Content dan memisahkan format ini di Analytics, kreator kami akan memiliki wawasan yang mereka butuhkan untuk menyesuaikan rencana konten yang paling membantu mereka mencapai tujuan mereka," ungkap pemimpin Produk YouTube Analytics, Robin Zueger, seperti dikutip dari Mashable, Jumat, 27 Mei.

Menurut Zueger, konten kreator yang membagikan video mereka di semua media sosial alias kreator multiformat akan mendapat manfaat dari perubahan ini karena akan membantu mereka menghubungkan penggemar mereka dengan konten yang tepat pada waktu dengan lebih baik.

"Kemampuan konten kreator untuk melihat dan membandingkan penayangan berbagai format video akan membantu mereka membuat strategi konten yang paling sesuai untuk saluran dan komunitas mereka," kata Zueger.

Terakhir, konten kreator akan segera melihat perubahannya di desktop, iOS, dan Android. Selain untuk konten kreator, platform juga menghadirkan pembaruan untuk penonton, dimana YouTube sebelumnya telah meluncurkan tab konten di laman channel di perangkat seluler yang memungkinkan penggemar untuk melihat video Shorts, streaming langsung, atau konten video yang diunggah.

Namun kini YouTube sedang mencari lebih banyak cara untuk membuat konten lebih spesifik pada setiap jenisnya. "Kami pikir ada lebih banyak peluang untuk benar-benar menyesuaikan analitik dari setiap jenis konten tertentu dengan aspek tertentu dari formatnya," kata Zueger.

"Kami berharap dapat membangun model ini dalam iterasi YouTube Analytics di masa mendatang," imbuhnya.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: YouTube Hadirkan Tab Analitik untuk Shorts, Mudahkan Kreator Melihat Kinerja Video Mereka

Selain Cara Melihat Kinerja Video Short YouTube, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!