Inovasi Chipset Qualcomm di Sektor Pertanian dan Dukungan 5G
Ilustrasi foto (Sumber: Qualcomm)

Bagikan:

MEDAN – Ketika dunia sedang memasuki era 5G dan era baru akan lebih terhubung dengan tersebut, Qualcomm kini sedang mengembangkan peningkatan konektivitas pada sektor industri dan pertanian.

Qualcomm menjuluki proyek tersebut dengan nama 315 5G IoT Modem. Alat tersebut dikatakan mampu menghubungkan berbagai mesin, robot dan bahkan traktor berteknologi tinggi di lapangan.

Qualcomm Ciptakan Chipset Pertama di Dunia dalam Bidang Pertanian

Mengutip Gizmochina, Minggu, 23 Mei, modem 5G itu disebut-sebut sebagai chipset pertama dari perusahaan yang memiliki tujuan untuk menghubungkan perangkat penghubung internet ke jaringan 5G baru dan lebih cepat.

Qualcomm 315 5G Modem diketahui memiliki aplikasi potensial di segmen lain, termasuk konstruksi, energi, pertambangan, tempat umum, dan ritel. Misalnya saja jika digunakan pemilik stadion, ia dapat dengan mudah memasang 315 5G IoT untuk meningkatkan konektivitas dan cakupan keseluruhan untuk setiap orang yang hadir.

Begitu pula dengan pabrikan traktor juga dapat menggunakan modem ini untuk memungkinkan pengumpulan data yang lebih tepat di lapangan.

Modem 315 hadir ketika Qualcomm berupaya memenuhi kebutuhan pelanggan industrinya. Diklaim alat tersebut disokong dengan prosesor berdaya rendah, artinya mesin dapat bekerja relatif lebih dingin di gudang yang panas sekalipun.

Selain itu, modem juga memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan chipset yang ada di perangkat konsumen. Tentu saja, ini akan memudahkan perusahaan industri untuk dengan mudah beralih dari chip 4G ke modem 5G tanpa harus mendesain ulang mesin secara radikal.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Qualcomm Bikin Chipset untuk Akselarasi Sektor Pertanian.

Selain inovasi chipset Qualcomm di sektor pertanian, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!