Telkomsel Sudah Resmi Luncurkan Jaringan 5G Pertama di Indonesia Lo
Jaringan internet 5G telah hadir di Indonesia (TheVerge)

Bagikan:

MEDAN - Telkomsel telah menjadi provider pertama di Indonesia yang meluncurkan jaringan internet 5G pertama kali.

Kendati demikian jaringan 5G tersebut akan dilakukan secara terbatas di beberapa titik wilayah Jabodetabek dan kawasaan lainnya.

Sebelumnya, Dirut Telkomsel, Setyanto Hantoro telah mengumumkan rencana perilisan tersebut yang akan dilakukan di The Telkom Hub, Jakarta sebagai tempat peluncuran resmi jaringan internet 5G.

Terdapat 6 Lokasi Jaringan Internet 5G Terkomsel

“Enam lokasi coverage di residential, tidak hanya mall tapi residential, seluruh residential seluruh Kelapa Gading misalnya,” ungkap Setyanto dalam pernyataannya.

Sejumlah titik di Jabodetabek yang merasakan jaringan 5G yaitu Kelapa Gading, BSD, Pondok Indah, Alam Sutera, PIK, dan Widya Chandra.

Beberapa kota lain yang akan merasakan jaringan 5G di antaranya, Medan, Balikpapan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, dan Batam.

Jaringan 5G hadir dalam pita frekuensi 2,3 GHz, memiliki lebar 30 MHz yang bakal digelar 2300-2330 MHz. Selain itu, Setyanto juga menyatakan bahwa pelanggan Telkomsel tidak perlu mengganti kartu SIM-nya guna mendapat layanan 5G, yang terpenting sebelumnya sudah menggunakan jaringan 4G.

Dia juga berjanji akan memberikan harga paket yang terjangkau dan menghadirkan layanan yang terbaik.

“Kami akan memberikan layanan yang terbaik. Tentu saja secara kualitas, speed, latensi maupun kapasitas jauh lebih baik dari 4G. Dengan harga yang affordable,” kata Setyanto.

Sebelumnya, Menkominfo telah memberikan izin kepada pihak Telkomsel selaku operator pertama di Indonesia yang menggelar jaringan 5G.

“Dengan izin ini, Telkomsel menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia yang menyelenggarakan 5G dan akan diluncurkan pada 27 Mei 2021 dan dapat dinikmati secara terbatas dan bertahap,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny Plate.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Telkomsel Resmi Luncurkan Jaringan 5G Pertama di Indonesia.

Selain Jaringan 5G Pertama di Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!