Kenalkan LPDDR5-PIM, Teknologi RAM Pintar dari Android Samsung
Ponsel Samsung akan dibekali RAM yang lebih cabnggih. (foto: unsplash)

Bagikan:

MEDAN - Pembelajaran mesin sudah digunakan di sebagian besar ponsel cerdas. Fitur inilah yang membantu kinerja sistem, terjemahan, perintah suara, kualitas kamera, dan banyak lagi. Namun, Samsung ingin mengambil langkah lebih jauh. Pembuat ponsel Android ini baru saja mengumumkan bahwa mereka akan membawa teknologi pintar ke modul RAM mereka untuk ponsel cerdasnya.

Samsung mengungkapkan bahwa teknologi pemrosesan dalam memori (PIM) mereka akan datang ke RAM. Ini adalah di atas pendaratan teknologi dalam modul DRAM dan memori bandwidth tinggi yang sudah ditingkatkan.

LPDDR5-PIM memberikan kemampuan AI independen

Dalam siaran persnya, Samsung menyebutkan bahwa teknologi LPDDR5-PIM mereka akan mampu memberikan kemampuan AI independen tanpa bergantung pada konektivitas pusat data. Mereka juga melaporkan bahwa selama pengujian simulasi, LPDDR5-PIM lebih dari dua kali lipat kinerjanya, sekaligus mengurangi penggunaan energi hingga lebih dari 60% saat digunakan dalam aplikasi pengenalan suara, terjemahan, dan chatbot.

Sekilas, ini terdengar hebat karena akan meningkatkan kinerja pembelajaran mesin secara signifikan. Namun, masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab oleh Samsung.

Salah satunya, pada tahap ini, tidak jelas apakah PIM merupakan prosesor sebenarnya yang akan dipasangkan pada modul RAM. Atau itu rangkaian algoritme dan optimasi?

Jika ini adalah chip nyata, apakah pengembang pihak ketiga dan OEM dapat mengaksesnya untuk kebutuhan mereka sendiri? Secara efektif menyebarkan RAM pintar ke perangkat Android atau iOS lainnya.

Peneliti belum yakin seberapa kuat teknologi ini nantinya. Apakah itu dapat menangani tugas-tugas yang lebih maju seperti pemrosesan gambar dan visi komputer? Banyak smartphone sudah memiliki chipset yang mampu menjalankan tugas pembelajaran mesin tingkat lanjut.

Sebagian besar flagships juga memiliki silikon AI untuk lebih meningkatkan fitur-fitur ini. Ini membuat banyak peneliti bertanya-tanya apakah RAM berkemampuan PIM dengan beberapa gerutuan akan memungkinkan OEM untuk ponsel beranggaran rendah menggunakan silikon yang lebih murah dan membiarkan RAM pintar melakukan sebagian besar pekerjaan.

Saat ini, tidak ada tanggal rilis yang diharapkan untuk RAM pintar Samsung. Namun, Samsung ingin sepenuhnya menstandarisasi teknologi PIM pada paruh pertama tahun 2022.

RAM pintar Samsung terdengar seperti tambahan yang bagus dan akan membantu meningkatkan kinerja berbagai aplikasi. Namun, peneliti tidak bisa tidak memperhatikan bahwa masih ada beberapa pertanyaan yang belum terjawab. Mereka masih menantikan untuk melihat apa yang akan diberikan oleh rilis Samsung berikutnya pada pertanyaan-pertanyaan ini..

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ponsel Android Samsung Akan Dibekali RAM “Pintar”

Selain LPDDR5-PIM, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!