Teknologi Layar HP Samsung Terbaru yang Dapat Dilipat 360 Derajat
Penampakan ponsel baru yang bisa dilipat 360 derajat. (foto: tangkapan layar)

Bagikan:

MEDAN - Teknologi ponsel lipat di masa depan dapat beralih dari desain lipatan tunggal yang ada saat ini menjadi dua kali lipat. Teknologi ini terwujud menggunakan layar yang mampu melipat ke dalam dan ke luar, atau bahkan menggunakan layar bergulir untuk melebar ke luar.

Menariknya, hal tersebut terjadi jika produsen merangkul teknologi layar lipat baru yang ditunjukkan oleh Samsung Display dan LG Display minggu ini di San Jose, California, selama konferensi Display Week tahunan.

Perlu diketahui, LG Display memamerkan layar sentuh 8 inci yang dapat dilipat yang dikatakan dapat dilipat ke dalam dan ke luar, Ini mirip dengan apa yang terlihat dari konsep Ultra Flex TCL awal tahun ini. Desainnya memungkinkan layar lipat tunggal berfungsi sebagai layar dalam (seperti Galaxy Z Fold 3) dan layar luar (seperti Mate XS Huawei). P

erangkat yang dilengkapi dengan "OLED Lipat 360 derajat" ini dapat menghindari kebutuhan untuk memiliki layar dalam dan luar yang mendukung hanya satu layar besar.

LG sudah terlebih dahulu mengenakan ponsel lipat 360 derajat

OLED Lipat 360 derajat dari LG Display tampaknya dapat bertahan saat dilipat "lebih dari 200.000 kali" sebelum mulai rusak. LG Display ini disebut menggunakan "struktur lipat khusus" yang meminimalkan kerutan. Gizmodo melaporkan bahwa layar tersebut memiliki resolusi 2.480 x 2.200 piksel, sama dengan layar bagian dalam pada Mate X2 Huawei.

Tidak mau kalah, Samsung Display juga memamerkan beberapa teknologi lipat yang menarik. Layar Flex G dan Flex S-nya, yang pertama kali ditampilkan di CES, keduanya menawarkan layar yang dapat dilipat dua kali. Dalam kasus Flex G mereka melipat dua kali ke arah yang sama seperti dompet lipat tiga, sedangkan Flex S melipat sekali ke dalam dan sekali ke luar seperti peta kertas.

Samsung Display juga memiliki sepasang handset sliding dengan layar yang dapat dibentangkan secara horizontal maupun vertikal. Banyak konsep ponsel yang dapat diputar selama bertahun-tahun dari perusahaan termasuk TCL, Oppo, dan bahkan LG sebelum keluar dari bisnis smartphone sepenuhnya. Namun terlepas dari minatnya, belum ada smartphone dengan layar yang dapat digulung yang berhasil dipasarkan hingga kini.

Ini hanyalah beberapa faktor bentuk baru yang dipamerkan LG Display dan Samsung Display di acara minggu ini. Kedua perusahaan juga banyak berinvestasi dalam layar OLED untuk layar infotainment mobil, serta layar yang dirancang untuk bermain game, seperti layar laptop OLED Samsung Display dengan kecepatan refresh 240Hz, atau layar lipat yang dirancang untuk memiliki pengontrol permainan yang terpasang di kedua ujungnya.

LG Display juga memiliki laptop OLED 17 inci yang dapat dilipat, di mana seluruh permukaan bagian dalam dari desain clamshell adalah satu layar lipat besar.

Sebagai divisi layar dari masing-masing raksasa teknologi Korea Selatan, baik LG Display maupun Samsung Display tidak benar-benar memproduksi perangkat konsumen tempat panel mereka berakhir. Tetapi karena mereka memasok layar ke beberapa perusahaan teknologi konsumen terbesar di dunia, pameran seperti Display Week dapat memberi gambaran menarik tentang ke mana arah perangkat yang dapat dilipat di tahun-tahun mendatang.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Samsung Display dan LG Display Pamerkan Ponsel Layar Lipat 360 Derajat di Pameran Week Display

Selain Teknologi Layar HP Samsung, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!