India Larang Warganya Langganan Starlink Milik Elon Musk
Starlink, milik Elon Musk, belum miliki izin operasi di India. (foto: dok. pixabay)

Bagikan:

MEDAN - Layanan Starlink diketahui dilarang oleh pemerintah India. Hal tersebut terjadi setelah warga diimbau tidak berlangganan Starlink Internet Services.

Perlu diketahui, salah satu divisi dari perusahaan kedirgantaraan SpaceX milik miliarder AS, Elon Musk, dinyatakan belum bisa beroperasi di negara tersebut, karena tidak memiliki lisensi.

Sebuah pernyataan pemerintah yang dikeluarkan pada Jumat malam, 26 November, mengatakan Starlink telah diperintahkan untuk mematuhi peraturan dan menahan diri dari "memesan / memberikan layanan internet satelit di India dengan segera".

Starlink Tidak Disetujui di India

Starlink mendaftarkan bisnisnya di India pada 1 November lalu. Bahkan mereka sudah mulai beriklan, dan menurut pemerintah, sudah mulai pra-penjualan layanannya di India, seperti dilaporkan oleh Reuters.

Sementara Starlink sendiri mengatakan: "Tidak ada komentar untuk saat ini", saat diminta tanggapannya oleh Reuters.

Saat ini semakin banyak perusahaan meluncurkan satelit kecil sebagai bagian dari jaringan orbit rendah Bumi untuk menyediakan layanan internet broadband latensi rendah di seluruh dunia. Perusahaan itu memiliki fokus khusus pada daerah terpencil yang sulit dijangkau oleh infrastruktur internet terestrial.

Pernyataan pemerintah India ini diprediksi akan membuat program pembangunan jaringan 5G di India menjadi terkendala. Nasibnya harus menunggu izin yang hingga kini sulit diperoleh.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Pemerintah India Imbau Warganya Tak Berlangganan Starlink, Simak Alasannya!

Selain Starlink , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!