Gerakan Sedekah Sampah Indonesia di Tapanuli Selatan Resmi DIbuka
H Dolly P.Pasaribu SPt MM (ANTARA/kodir)

Bagikan:

MEDAN - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel), Sumatera Utara launching Gerakan Sedekah Sampah Indonesia (Gradasi) di pusatkan di Halaman Parkir Masjid Agung Syahrun Nur, di Sipirok, Jumat (1/7).

"Ini bagian dari kampanye menciptakan lingkungan bersih dari sampah khususnya pada rumah ibadah seperti masjid dan lainnya," kata Bupati Tapsel Dolly P.Pasaribu dalam sambutannya.

Sampah untuk dana Masjid Agung Syahrun Nur

Gradasi ini juga merupakan ibadah bagi umat islam yang khususnya mengunjungi Masjid Syahrun Nur Tapsel. Sebab gerakan nya melalui pendekatan agama..

"Dimana para jamaah boleh bersedekah di situ dengan berbagai sampah seperti botol bekas air mineral, botol kaca, kardus, plastik kresek dan lainnya ke wadah yang sudah disiapkan," katanya.

Sampah yang dikelola petugas nantinya di kumpul lalu dijual dan hasilnya bisa untuk masjid. Sekaligus mendorong kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih, dan mencegah kerusakan lingkungan.

"Kiranta kegiatan launching Gradasi ini tidak sebatas seremoni, tetapi dapat di implementasi dengan baik bahkan hingga rumah ibadah tingkat kecamatan hingga desa/kelurahan," tegas Dolly.

Dikatakan bilamana seluruh masyarakat termasuk jamaah masjid sama-sama melaksanakan Gradasi ini, Ia optimis sangat membantu masyarakat secara ekonomis.

Sebelumnya Kadis LHK Tapsel Ongku Muda Atas dalam laporannya mengatakan bahwa launching Gradasi diharap akan dapat meningkatkan ekonomi sekaligus bersedekah untuk masjid.

"Gerakan ini merupakan memiliki ibadah. Karena kebersihan itu merupakan sebagian iman," kata Ibnu Salam Harahap Ketua BKM Masjid Agung Syahrun Nur menimpali.

Dalam kesempatan Bupati Tapsel Dolly P. Pasaribu memberikan piagam penghargaan karena sudah menyumbang wadah sampah 5 unit dari PT.North Sumatera Hydro Energi (NSHE) dan PT Kirana Sapta 1 unit.

Selain sejumlah pejabat, hadir di acara ini unsur Forkopimcam, Sarop Foundation Tapsel, Pemuda, MUI Tapsel dan sejumlah undangan lainnya.

Selain Gerakan Sedekah Sampah Indonesia, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!