Modal Ideal untuk Investasi di Kripto, Berikut Saran Penasihat Keuangan
Para penasehat keuangan memberikan banyak rambu sebelum terjun investasi cryptocurrency. (foto: ilustrasi)

Bagikan:

MEDAN - Aset kripto yang turun-naik dalam perdagangan dunia, beberapa pekan terakhir, selalu menggoda calon investor baru.  Namun sebelum benar-benar terjun dalam investasi cryptocurrency ini sebaiknya diperhatikan beberapa nasihat dari para penasehat keuangan.

Aturan pertama, adalah jangan memasukkan investasi lebih dari jumlah uang yang Anda bisa terima jika investasi itu hilang semuanya.

Aturan praktis itu cukup umum. Namun kini para penasihat terus berusaha memberikan gambaran yang luas untuk menetapkan berapa banyak, uang klien sebaiknya diinvestasikan dalam bitcoin dan token digital lainnya.

Calon Investor Harus Punya Rekening Tabungan Darurat

Anjali Jariwala, perencana keuangan bersertifikat, CPA dan pendiri FIT Advisors di Torrance, California, mengatakan jika dia tidak merekomendasikan klien mana pun untuk berinvestasi dalam cryptocurrency sampai “mereka memiliki rumah yang sesungguhnya.”

Itu berarti calon investor harus memiliki rekening tabungan darurat yang solid untuk digunakan, mengumpulkan jumlah yang sehat untuk masa pensiun. Mereka juga harus mampu menyekolahkan anak ke perguruan tinggi atau membeli rumah.

Jika klien telah mencentang semua kotak ini, menurut Jariwala, berinvestasi dalam cryptocurrency dapat menjadi pilihan bagi mereka.

Tetapi berapa banyak uang mereka yang harus digunakan untuk mereka?

Untuk menghasilkan angka, meminjam dari aturan standar berapa banyak uang yang harus dimasukkan ke dalam saham, Tidak lebih dari 3% dari portofolio mereka. Penasihat lain menetapkan persentase mereka pada 2%. “Investasi 5% dari portfolio mereka adalah yang tertinggi yang pernah saya dengar dari perspektif penasehat," kata Jariwala.

Aspek lain dari investasi dalam cryptocurrency yang tidak biasa adalah bagaimana menyeimbangkan investasi. Jika penasihat memutuskan bahwa portofolio klien tidak boleh berisi lebih dari 30% saham, maka mereka harus menjual ekuitas jika ada kenaikan besar di pasar. Hal ini untuk menjaga persentase saham mereka di bawah ambang batas itu.

Namun baru-baru ini, Jariwala memiliki klien yang eksposur cryptocurrency-nya melonjak menjadi 6% dari 3%. Namun dia tidak merekomendasikan penjualan.

“Saya baik-baik saja dengan mereka mempertahankan investasi itu karena saya tidak suka ketika orang masuk dan keluar dari investasi terlalu cepat,” katanya. “Sulit untuk menerapkan aturan praktis normal saya untuk menyeimbangkan kembali investasi.”

Alex Doll, seorang CFP dan presiden Anfield Wealth Management di Cleveland, Ohio, memiliki formulanya sendiri. Dia merekomendasikan klien untuk tidak menginvestasikan lebih dari 10% aset "berisiko" mereka dalam mata uang kripto.

Katakanlah seseorang memiliki 70% uangnya dalam ekuitas dan investasi lain yang lebih fluktuatif, dan 30% dalam obligasi dan bentuk pendapatan tetap lainnya. Mereka dapat menempatkan hingga 7% dari uang mereka dalam cryptocurrency. Dia mengaku menemukan klien sering suka menyebarkan alokasi mereka di berbagai token digital, dan yang paling sering Ethereum dan bitcoin.

Menurut Doll, beberapa orang mungkin harus menjauhi cryptocurrency sama sekali. Itu termasuk orang-orang yang tidak memiliki uang yang cukup untuk dihamburkan. Begitu pula para pensiunan yang hidup dari portofolio mereka.

Namun pada saat yang sama, mungkin ada beberapa orang yang dapat berinvestasi lebih banyak dalam token. Meskipun situasi itu terbatas.

“Saya pikir tidak apa-apa bagi seseorang untuk menginvestasikan jumlah yang lebih besar daripada yang saya rekomendasikan jika mereka masih muda dan memiliki aliran pendapatan yang baik selama bertahun-tahun dari pekerjaan yang stabil. Mereka juga harus benar-benar memahami dunia crypto, ”kata Doll.

“Dalam situasi ini, jika mereka kehilangan lebih dari yang mereka harapkan, setidaknya mereka memiliki waktu dan aliran pendapatan yang berkelanjutan untuk menutupi tabungan yang hilang,” ucap Doll.

So, jika Anda memiliki kriteria seperti yang disebutkan di atas, maka Anda bisa menginvestasikan dana Anda untuk Crypto. Namun jika tidak atau Anda pensiunan, sebaiknya berpikir seribu kali sebelum melakukan investasi di sektor ini.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Berapa Jumlah Uang yang Tepat untuk Investasi Cryptocurrency? Ini Jawaban Penasihat Keuangan

Selain Modal Ideal untuk Investasi di Kripto, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!