Film Makbul Mubarak Autobiography yang Terinspirasi Masa Kecil
Kevin Ardilova dalam Autobiography (KawanKawanMedia/Poplicist)

Bagikan:

MEDAN - Ingin nonton film yang menampilkan ketakutan masa kecil yang sering dialami? Jika iya yuk tonton film dari sutradara Makbul Mubarak yang menciptakan film panjang pertamanya tahun ini bertajuk Autobiography.

Perlu diketahui, pada mulanya Makbul berniat menulis cerita untuk film pendek namun karena plotnya hingga 70 halaman lantas mengubah konsep menjadi layar lebar. “Konteksnya enggak sengaja ya. Cuma benar-benar ngikutin tokoh,” kata Makbul di Virtual Gathering pada Senin, 15 November.

Film Menceritakan Anak Mudah yang Bekerja Mengurus Rumah

Autobiography menceritakan Rakib (Kevin Ardilova) seorang anak muda yang bekerja mengurus rumah milik Purna (Arswendy Bening Swara). Suatu saat, Purna pulang ke rumah itu untuk mengurus pencalonan sebagai bupati.

Rakib melihat Purna sebagai sosok ayah yang ia dambakan, namun sebuah kejadian mengubah sudut pandang keduanya dalam melihat satu sama lain.

Berlatar pos militer, Autobiography mengeksplor hubungan dua pria yang terinspirasi dari cerita Makbul dengan sang ayah. Dia berusaha menunjukkan secara eksplisit namun tidak terlalu literal.

“Saya berusaha mengkapsulkan perasaan itu sejujur mungkin tapi kejadiannya atau adegannya dialognya tentu saja berbeda karena dipengaruhi estetika sinema yang saya pelajari,” jelas Makbul.

Sutradara Ruah ini menjelaskan, sang ayah adalah seorang pegawai negeri sipil dan selalu patuh dengan atasan dan negaranya. Melihat hal tersebut, Makbul bertanya-tanya soal banyak hal termasuk kepatuhan sang ayah.

Kevin Ardilova sebagai pemeran utama merasa senang karena bermain dalam film ini. Dia juga mengungkapkan proses syuting Autobiography yang sangat sehat, maksimal 12 jam.

“Kita jadi punya banyak kesempatan untuk eksplor ngobrol antar pemain, sutradara, dan divisi lain. Dari waktu yang sangat baik itu, semua orang mengerjakan film ini dengan perasaan baik dan bahagia,” jelas Kevin.

Aktor Lukman Sardi juga mengatakan, “Aku seneng berada di proyek ini the story itself penting untuk dibuat bukan, karakter ini penting dibuat. Semoga yang disampaikan menjadi renungan.”

Diproduksi KawanKawan Media, Autobiography juga turut diperankan Kevin Ardilova, Arswendy Bening Swara, Lukman Sardi, Yusuf Mahardika, Yudi Ahmad Tajudin, Haru Sandra, dan mendiang Gunawan Maryanto.

 

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Debut Film Panjang, Makbul Mubarak Terinspirasi Masa Kecil di Autobiography

Selain Film Makbul Mubarak, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!