Kasus Stunting di Tebing Tinggi Terbaik di Sumatera Utara
Ilustrasi stunting (ANTARA/Istimewa)

Bagikan:

MEDAN - Stunting di Tebing Tinggi tahun 2021 sebanyak 17,3 persen dan Tinggi Tinggi masuk terbaik tiga di Sumatera Utara. DIharapkan tahun berikutnya bisa turun lagi dibawah 14 persen.

Demikian disampaikan Junita Fungsional Perencenaan dari Bappeda dan Kadis DP3APM Sri Wahyuni Tebing Tinggi dalam talkshow yang dilakukan Diskominfo berkaitan tentang penanggulangan stunting di Tebing Tinggi, pada radio swasta Senin (4/4).

Bappeda berpedan dalam penurunan kasus stunting

Dikatakan peran Bappeda dalam penggulangan stunting ini ikut serta melakukan intervensi kepada 0PD-0PD dalam penyusunan program perencanaan yang dilakukan dimasing-masing OPD.

Intervensi Bappeda kepada OPD-OPD dimaksudkan sejauh mana program penanggulangan stunting tersebut berjalam secara terkoordinasi denga baik.

Karena pencegahan Stunting ini tidak bisa dilakukan oleh PPKB atau Dinas Kesehatan saja tetapi perlu banyak melibatkan OPD lainya yang berkaitan dengan programnya.

Dalam pencegahan stunting ada 5 pilar dalam penangananya yakni konitmen dan visi kepemimpinan, kampanye nasional dan perubahan prilaku, konvergensi Program pusat, daereh dan desa, ketahanan pangan dan gizi serta pemantauan dan evaluasi.

Untuk memberhasilkan program ini perlunya keterlibatan semua OPD, karena memang penyebab stunting itu multi kompleks, jika melihat semangat dan kerja OPD kami yakin Tebing Tinggi akan berhasil, katanya

Sementara Kadis DP3KM Tebing Tinggi Sri Wahyuni menyampaikan keterlibatan Dinas nya dalam penanggulangan Stunting sesuai dengan Pemerintah Pusat untuk dibentuknya Kader Pengendalian Manusia (PKM), yang saat ini perwal sedang dipersiapkan bagian hukum.

Namun demikian DP3APM selama ini sudah terlibat langsung dalam penanggulangan stunting tersebut melalui kader-kader Posyandu bekerjasama dengan Dinas Kesehatan yang mereka adanya setiap kelurahan.

Dengan dibentuknya PKM nanti kami akan berupaya lebih maksimal lagi dalam penanggulangan Stunting di Tebing Tinggi dengan pembagian tugas antara Kader Posyandu dan PKM, ujarnya

Selain Kasus Stunting di Tebing Tinggi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!