Cara Mencegah Stunting, Kepala Dinkes Tebing Tinggi Paparkan Hal ini
Ilustrasi stunting (ANTARA/Istimewa)

Bagikan:

MEDAN - Untuk mencegah terjadinya stunting dimulai dari seribu hari kehidupan atau biasa yang disebut dengan periode keemasan, stunting itu sendiri adalah panjang dan gizi anak tidak normal sejak lahir.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Tebing Tinggi, Sumatera Utara dr.M.Iqbal bersama Kepala Dinas PPKB Hj.Nina Zahara MZ dalam talkshow tentang pencegahan Stunting yang digagas Diskominfo Tebing Tinggi Senin (4/4) pada salah satu radio di Tebing Tinggi.

Apa penyebab stunting?

Disampaikan ada dua hal penyebabnya yakni secara langsung seperti adanya penyakit anemia pada ibu hamil, kurangnya pola makan yang lengkap, kurangnya pengetahuan ibu hamil dan beberapa hal lainya.

Penyebab tidak langsung diantaranya penyediaan sanitasi yang tidak layak, penyediaan tidak layak air bersih, lingkungan yang tidak sehat (kumuh) dan lain sebagainya berkaitan dengan pertumbuhan anak.

.

Untuk pencegahanya dikatakan Kadiskes dimulai dari seribu hari pertama kehidupan atau biasa disebut priode keemasan yang dimulai dari hamil sampai anak berusia dua tahun, dari sinilah menentukan pertumbuhan masa depan seorang anak

Pencegahan awal dimulai dari pemeriksaan pasangan yang akan menikah terutama memeriksakan kesehatannya, memberikan pengetahuan, saat hamil rajin memeriksakan kehamilanya 6 kali, ujar dr.Iqbal.

Sementara Kepala Dinas PPKB Hj.Nina Zahara MZ menyampaikan terjadinya pertambahan anak stunting umumnya tidak siapnya seorang ibu untuk mempunyai anak.

Ada beberapa faktor penyebab ketidak siapan untuk menjadi ibu, karena perkawinan usia dini, dan kelahiran anak yang tidak diharapkan karena kehamilan diluar pernikahan

Untuk itulah Dinas PPKB mempunyai program yang disebut SP3 (Syarat Pelaksana Prosedur Perkawinan) calon pengantin yang akan melangsung perkuniahan) untuk usia 21 tahun bagi perempuan dan 25 tahun bagi pria.

Program ini kerjasama antara Dinas PPKB, BNNK, Dinas Kesehatan dan Departemen Agama jika calon pengantin sudah memenuhi persyaratan mereka baru bisa mendaftar diri ke KUA untuk memperoleh buku nikah.

Karena PPKB tugas utamanya pencegahan kita mulai dari masa remaja yang disebut program Generasi Berencana, dimana seorang remaja mempersiapkan suatu pernikahan dengan sebaik-baiknya.kata Nina..

Selain Cara Mencegah Stunting, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!