Menu Tajil di Masjid Medan Ini Selalu Ditunggu Banyak Orang
Bubur sop India. (YouTube/GTV)

Bagikan:

MEDAN – Terdapat menu tajil yang khusus disajikan di di Masjid Gaudiyah dan Masjid Jamik Kebun Bunga, Medan, Sumatera Utara (Sumut) selama Bulan Ramadan ini.

Menu yang selalu ditunggu-tunggu masyarakat sekitaran tersebut adalah bubur sup India. Berbahan dasar rempah-rempah masakan tersebut juga diyakini dapat menyehatkan tubuh.

Proses Memasak Bubur Sup India

Menariknya, dalam proses memasak bubur dibutuhkan waktu yang tidak singkat yaitu memakan waktu selama enam jam.

Proses memasak bubuk pun dilakukan sejak pagi di area Masjid Gaudiyah, Jalan Zainul Arifin, Kampung Madras, Medan.

Menariknya, dandang untuk memasak bubur yang berukuran cukup besar tersebut, didatangkan langsung dari India. Bagaimana cara membuat bubur sup India tersebut?

Pertama air dan santan dimasukkan ke dalam dandang, kemudian dimasukkan potongan 4 kilogram daging kambing.

Selanjutnya berbagai macam rempah seperti kapulaga India, bunga lawang, cengkeh, kayu manis, pala, lada, dan jahe dimasukkan ke dalam dandang untuk dimasak.

Barulah setelah tiga jam dan daging kambing dirasa sudah empuk, 10 kilogram beras dan 5 kilogram wortel dan tomat turut dimasukkan. Bubur kemudian dibiarkan hingga matang sambil diaduk-aduk.

Bubur sup India tersebut menjadi istimewa di Medan lantaran hanya dapat dijumpai ketika Ramadhan, dan biasanya banyak dinantikan para kaum diaspora asal India.

Selain menu tajil di masjid Medan, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!