Apakah Kamu Kecanduan Teknologi?  Ini yang Harus Dilakukan
Begitu kecanduannya masyarakat terhadap teknologi, sehingga rela mengantre untuk membeli produk ponsel terbaru seperti iPhone 12. (ANTARA)

Bagikan:

MEDAN - Di era sekarang ini tidak salah jika banyak orang kecanduan teknologi. Para ilmuwan mulai meneliti untuk mengungkapkan persoalan candu digital, agar dapat mengatasinya dengan mengarahkan pada aktivitas positif.

Perlu diketahui, kita adalah manusia yang saat ini hidup di era teknologi digital, adalah nyaris mustahil menghindari dalam kehidupan kita sehari-hari. Hal terpenting yang wajib dilakukan adalah mengelola kecanduan ini jika sudah dalam tahap akut.

Cara untuk menyembuhkan seseorang dari candu teknologi

Psikolog sekaligus pemilik Center for Internet and Technology Addiction di Hartford, Amerika Serikat David Greenfield PhD menyatakan, pertama adalah mengubah gaya hidup dalam penggunaan teknologi digital. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi penggunaan teknologi. Dalam tahap yang lebih parah, bahkan dokter harus menyiapkan resep obat khusus untuk menenangkan pecandu teknologi dari perilaku kompulsif.

“Hal ini dapat disebut sebagai periode detoks dan dapat me-reset kerja sistem saraf. Pada periode berikutnya tanpa disadari pola perilaku penggunaan teknologi akan berkurang karena proses indentifikasi aktivitas baru. Ketika memasuki tahap ini dapat dimodifikasi dengan perawatan,” ungkap Greenfield seperti diberitakan dalam Everyday Health (27/4/2018).

Selain berkonsultasi dengan psikolog atau dokter ahli, bagi Anda atau orang terdekat yang merasa sebagai pecandu teknologi dapat mencoba hal mudah berikut untuk dipraktikkan di rumah.

Misalnya, dengan meletakkan ponsel pintar di suatu tempat yang jauh dari tempat tidur supaya timbul rasa enggan untuk meraihnya. Hal ini bisa diterapkan kepada pengguna gawai berusia anak maupun dewasa.

Pengelolaan ketergantungan juga dapat dilakukan secara komunal, seperti berolahraga bersama atau merancang kegiatan bersama dengan teman-teman sekantor atau lingkungan rumah.

Relasi manusia dengan teknologi digital memang sudah pada tahap ketergantungan. Namun, seberapa tergantungnya pengguna terhadap alat dapat dikelola sendiri oleh masing-masing pribadi. Diharapkan penggunalah yang mengatur fungsi perangkat digital, bukan pengguna yang diperalat oleh perangkat.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Ketergantungan Teknologi Digital: Candu yang Harus Diatasi

Selain Kecanduan Teknologi, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!