Robert Shiller, Peraih Nobel Ekonomi yang Tertarik Investasi Uang Kripto
Peraih Nobel Robert Shiller ingin beli kripto (MarketWatch)

Bagikan:

MEDAN - Peraih Nobel Ekonomi tahun 2013, Robert Shiller kini santer dikabarkan tertarik “bermain” di pasar uang kripto.

Diketahui, Shiller kini tengah mempertimbangkan untuk melakukan investasi dalam cryptocurrency. Dia ingin mengetahui market kripto.  

“Saya tidak pernah membeli bitcoin. Mungkin saya harus aktif di market tersebut,” kata Shiller sebagaimana dikutip dari Bitcoin News.

Pembahasan Robert Shiller Mengenai Uang Kripto

Dalam sebuah wawancara dengan CNBC International, Shiller membahas pasar cryptocurrency secara spesifik. Dia berpendapat bahwa uang kripto sangat psikologis. Shiller juga mengagumi teknologi blockhchain yang mendasarinya.

Di sisi lain, Shiller juga merasa prihatin dengan kondisi pasar saham, perumahan, dan kripto hari ini. Profesor Ekonomi dari Universitas Yale itu mengungkapkan bahwa dirinya melihat mentalitas “liar barat” yang bermain dalam pasar kripto. 

Meskipun demikian, Shiller mengungkapkan bahwa dirinya tertarik untuk masuk ke pasar kripto.

“Saya berpikir untuk membelinya guna merasakan efeknya. Sebenarnya, banyak orang sudah melakukannya. Saya tidak pernah membeli bitcoin. Mungkin saya harus aktif di pasar tersebut,” ujar Shiller.

Sebelumnya Shiller memberikan pandangan yang skeptis terhadap primadona uang kripto, Bitcoin. Pada 2017 Shiller pernah menyatakan bahwa Bitcoin merupakan contoh terbaik dari “kegembiraan tidak masuk akal atau bubble yang spekulatif.”

Kemudian, pada 2018 lalu, Shiller meragukan uang kripto bisa bertahan dalam 100 tahun mendatang. Meskipun pandangan Shiller waktu itu terlihat skeptis. Namun dia mengungkapkan bahwa pandangannya tidak bertujuan untuk meremehkan Bitcoin.

“Saya tidak bermaksud meremehkan Bitcoin,” paparnya.

Shiller melihat kemungkinan bahwa uang kripto akan memunculkan sesuatu yang baik. Dia tidak menjelaskan lebih detail kemungkinan tersebut.

Selain Shiller, peraih Nobel di bidang Ekonomi lainnya, Paul Krugman menyatakan bahwa dirinya “angkat tangan” dalam memprediksi berakhirnya Bitcoin.

Artikel ini pernah tayang di VOI.ID dengan judul: Peraih Nobel Robert Shiller Kepincut Ingin Beli Uang Kripto

Selain antusias Peraih Nobel Ekonomi di pasar uang kripto, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI, Waktunya Merevolusi Pemberitaan!