Operasi Lilin 2021 di Tapanuli Selatan, Kapolres: 369 Personel Siap Bertugas
Kapolres Tapanuli Selatan AKBP Roman Smarhadana Elhaj dan Dandim (Antara)

Bagikan:

MEDAN - Kapolres Tapanuli Selatan (Tapsel) Sumatera Utara (Sumut) AKBP Riman Smarhadana Elhaj SH SIK MH menyatakan sebanyak 369 personel gabungan diterjunkan dalam Operasi Lilin Toba 2021 mengamankan perayaan hari besar serta libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 dimulai (24 Desember 2021 - 2 Januari 2022).

Keterangan Kapolres tersebut diutarakannya pada saat memimpin apel gelar pasukan "Lilin Toba" 2021 bertemakan: "Kita tingkatkan sinergi Polri dengan instansi terkait dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada perayaan Natal 2021,dan Tahun Baru 2022 di wilayah Hukum Polres Tapsel", di Mapolres Tapsel, Jalan SM.Raja Padang Sidempuan, Kamis (23/12)

Seluruh 369 personel gabungan yang terdiri dari personel Polres Tapsel (175 orang), TNI (36 orang), Pemadam Kebakaran (10 orang), Satpol PP (36 orang), PUPR (4 orang), Dishub (36 orang), Dinkes (36 orang) dan Pramuka (36 orang) akan diterjunkan di Lima titik Pos Pengamanan dan Satu titik Pos Pelayanan.

Sesuai amanat Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo yang dibacakan Kapolres dikatakan, bahwa operasi lilin kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Karena, situasi pandemi COVID-19.

Operasi Lilin 2021, Tiap Pos Ada Fasilitas 3M

"Oleh karenanya untuk menghindari penularan penyebaran penyakit COVID-19 bagi setiap warga yang hendak melintasi/atau berkung ke wilayah Polres Tapsel harus diwajibkan sudah vaksinasi. Bila belum akan di suntik vaksin," tegasnya dilansir dari Antara.

Pada setiap titik pos pengamanan dan pos pelayanan petugas akan memeriksai seluruh kendaraan yang melintas. Kendaraan dan penumpang bisa boleh melanjutkan perjalanan bilamana seluruh penumpangnya sudah wajib vaksin COVID-19.

"Setiap pos pemeriksaan sudah difasilitas peralatan untuk sand barcode peduli lindungi kartu vaksin COVID-19. Bila kartu vaksin tidak ada akan dilakukan pemeriksaan KTP (NIK). Semua demi penegakan protokol kesehatan," terangnya.

Bahkan, lanjut Kapolres, seseorang akan di suntik vaksin dosis satu bilamana sama sekali ditemui yang melintas belum vaksin, dan akan disuntik vaksin dosis dua, bila sudah memasuki waktunya setelah pemeriksaan melalui aplikasi peduli lindungi.

"Hanya saja terpenting dalam memberikan pelayanan masyarakat tetap mengedepankan preventif dan sikap humanis," pinta Kapolres seraya menekankan seluruh personel tanghap, sigap dan pro aktif memantau pergerakan terorisme dan radikalisme yang dinilai dapat menganggu Kamtibmas, bila perlu tindakan tegas dan terukur.

Apel operasi lilin toba ini dihadiri Wakil Bupati Rasyid Assaf Dongoran, Dandik 0212/TS Letkol Inf Rooy Chandra Sihombing, SIP, Kajari Tapsel Antoni Setiawan, SH MH, PS Danyon C Pelopor Sat Brimobdasu Kompol Buala Zega, serta pejabat Tapsel dan Padang Lawas Utara.

Selain Operasi Lilin 2021 , ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!