Plt Bupati Langkat Syah Afandin Serahkan Akses Data Kependudukan
Pelaksana Bupati Langkat Syah Afandin bersama dengan pimpinan 13 OPD penerima ID dan password kependudukan, Selasa (22/2/2022), ANTARA FOTO/Kominfo Langkat.

Bagikan:

MEDAN - Plt Bupati Langkat, Sumatera Utara Syah Afandin menyerahkan ID dan password Hak Akses Data Kependudukan. Penyerahan berdasarkan perjanjian kerjasama hak akses dan pemanfaatan data kependudukan antara Disdukcapil Langkat dengan 13 OPD dijajaran Pemerintah Kabupaten. 

Penyerahan dilakukan Plt Bupati Langkat Syah Afandin, di Stabat, Selasa 22 Februari. Adapun OPD yang menerima penghargaan itu Dinas Sosial, Dinas Pendidikan, Dinas Ketenaga Kerjaan,

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMP2TSP), Dinas Kesehatan,

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

Selain itu Dinas Koperasi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Dinas Perdagangan dan Perindustrian,

Dinas PPKB dan PPA, Dinas Kelautan dan Perikanan, Dinas Pendapatan Daerah, Rumah sakit Umum Tanjung Pura.

Plt Bupati Langkat Mengapresiasi Disdukcapil 

Untuk itu pihaknya memberikan apresiasi kepada Disdukcapil telah berinovasi menciptakan User ID dan Password Hak Akses Data Kependudukan tersebut, dimana akan memudahkan mengakses data warga Langkat untuk kepentingan intansi bersangkutan.

"Inovasi ini mempermudah pelayanan masyarakat, sebab cukup dalam hitungan menit dengan mudah melihat datanya," katanya.

"Harapan saya inovasi ini benar-benar solusi menjadikan urusan tidak sulit, sehingga masyarakat bisa merasa terlayani dengan baik dan cepat," sambungnya.

Kadis Dukcapil Langkat Faizal Rizal Matondang S.Sos M.AP menjelaskan inovasi ini merupakan hasil dari persetujuan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, serta atas kerjasama dengan Dinas Kominfo Langkat.

"Diskominfo telah memberikan Fasilitas Jaringan tertutup (VPN) sehingga inovasi ini tercipta," ungkapnya.

Sementara itu, ujar Faizal direncanakan untuk akses data kependudukan tahap selanjutnya menambah 10 OPD di tahun 2022 antara lain Dinas Perhubungan,

Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Dinas Perkim, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Bappeda,

BKD, BPBD, Kantor kesatuan Bangsa dan Politik.

Selain Plt Bupati Langkat Syah Afandin, ikuti berita dalam dan luar negeri lainnya hanya di VOI Sumut, Berita Sumatera Utara Terkini!